Gemerlap dan Gelap

Posted: Desember 17, 2007 in Renungan

Gelap, jika kita kreatif dan terus berusaha maka akan menjadi gemerlap. Gemerlap jika kita lupa diri dan lengah maka akan jadi gelap.

Tengok saja kasus peradaban Islam, mereka berasal dari sahara Arab yang tidak pernah diperhitungkan dalam percaturan politik dunia saat itu, tapi karena ia terus berkreasi dan berkreasi maka kegelapan di timur tengah telah dijadikannya sebagai kegemerlapan peradaban. Tapi saat mereka ada dalam kegemerlapan, para pemimpinnya lupa diri, mereka terjebak pada kesenangan duniawi yang sesaat, mereka suka bermain perempuan yang disebut harim, sehingga wajar jika banyak anak-anak yang lahir dari para harim peliharaannya, mereka juga terjebak pada anggur dan minuman keras yang memabukkan, sehingga dalam setiap pesta yang diadakan, mereka tak luput dari pertunjukan wanita-wanita dan minuman keras yang telah dilarang oleh Nabi mereka, Nabi yang telah membukakan mata mereka akan luasnya dunia dan keagungan kebudayaan. Hingga tiba saat mereka berasyik masyuk, Mongol menggempur mereka, mitos bahwa peradaban Islam adalah peradaban yang kuat hilanglah sudah, belum sembuh shock dari serangan Mongol, masih ditambah lagi dengan serangan Kristen Eropa, hingga semakin tampaklah bahwa peradaban Islam dalam keadaan rapuh. Zaman kegemerlapan Islam akhirnya berubah menjadi gelap. Negeri-negeri Islam kemudian menjadi jajahan bangsa-bangsa Eropa yang menganggap selatan sebagai harta rebutan.

Eropa adalah salah satu contoh nyata dari zaman gelap menjadi gemerlap seperti sekarang. Setelah 1000 tahun mereka ada dalam kegelapan dan kebodohan, mereka belajar banyak dari peradaban Islam yang sedang jaya hingga tiba pada saatnya mereka dapat tampil dan membuat lumpuh peradaban Islam itu sendiri. Kegemerlapan akhirnya menjadi milik mereka.

Lalu apa yang kita pelajari dari itu semua, gelap dan gemerlap adalah pada bagaimana kita menempatkan diri. selalu terus belajar dan membuka diri untuk berkembang. Semua tergantung kita, kreatif atau tidak!

Iklan
Komentar
  1. labarasi berkata:

    tengok juga dong blog saya, kasihkan koment & saran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s