Sinetron Suci Tidak Mendidik!

Posted: Desember 27, 2007 in Cangkruan, Renungan
Tag:,

Beberapa hari ini, saya menonton sinetron suci yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta gara-gara Ibu saya sering sekali sinetron ini, setelah saya melihat alur ceritanya. Ide sinetron ini seperti layaknya cerita-cerita yang menceritakan peran antagonis menjadi sangat antagonis dan protagonis sebagai sangat protagonist.

Tapi satu yang membuat saya tidak setuju dan terkejut dengan sinetron ini yaitu bagaimana sinetron ini mengeksploitasi dunia anak-anak yang diperankan tokoh suci dll. Letak ketidaksetujuan saya adalah pada penceritaan dunia anak-anak dengan setting dewasa, bagaimana seorang anak yang nakal diceritakan sebagai seorang yang sangat licik, bagi kita yang mengerti logika tidak mungkin seorang anak melakukan hal itu.

Kenakalan anak-anak adalah kenakalan dalam takaran dunia anak-anak, tidak mungkin mereka bisa mempunyai persekongkolan licik layaknya orang dewasa. Kenakalan seorang anak-anak adalah kenakalan untuk ingin diperhatikan dalam arti yang sederhana, kenakalan anak adalah kenakalan duplikasi dan belum mengerti makna kenakalan dan apa definisi kenakalan, walaupun mereka sudah mulai belajar untuk mengerti apa itu baik dan buruk. Cerita sinetron suci adalah cerita yang menyalahi ilmu psikologi perkembangan anak-anak dan memperkosa akal sehat kita.

Menurut saya sinetron ini tidak layak ditayangkan apalagi pada primetime yang memang banyak ditonton oleh anak-anak. Saya takut bukan pesan baiknya yang bisa dicerna tapi ide-ide buruknya yang dicerna. Celakalah kita jika generasi esok Indonesia berhiaskan sifat-sifat licik yang terorganisir.

Sinetron semacam ini jelas tidak bisa dipakai untuk melakukan terapi sinema. Dalam ilmu psikologi kejiwaan, anak-anak itu dipengaruhi oleh apa yang ia tonton, ia suka menjadikan mereka yang dianggap memiliki kelebihan sebagai hero dan meniru atau menduplikasi apa yang menurut mereka hebat. Jika peran jahat dalam sinetron Suci tampak hebat dan perkasa sedangkan tokoh baiknya selalu menderita, tentu anak kecil akan langsung menvonis lebih enak jadi orang jaha daripada jadi orang baik.

Iklan
Komentar
  1. aRuL berkata:

    namanya sinetron pak, semua itu dibuat karena keinginan dari rating….

  2. Any berkata:

    kenapa sich gadis dan mamax itu jahat banget? padahal klo di pikir toh itu kn bukan rumahx dia. mereka slalu menyiksa suci dan mastur, padahal majikanx saja baik sama mereka ber dua. gagara gadis dan mamax itu aku jadi malas nonton sinetronx suci.

  3. Brahm berkata:

    Kenapa pemeran Suci jd dewasa? Barangkali gara2 baca postingan ini. Dulu, aku heran, pertama AADC (anak SMA), terus Eiffel I’m in Love (SMP), ada Candy (SMP jg). Sekarang Suci (SD!). Nanti siapa lg, anak TK jd pemeran utama?

  4. ihsanmaulana berkata:

    buat arul. masalah rating memang harus diperhatikan. tapi tentu ada hal yang jauh lebih tinggi, yang harus dipehatikan yaitu masa depan anak-anak kita.

    buat any, iya tuh an. tapi yang lebih memprihatinkan adalah konspirasi antar anak-anak kecil.

    buat om bram,saya harus jawab apa ya om? tapi klo menurut file saya sih om, sudah pernah ada dulu pemeran yang pake anak TK.

  5. fera berkata:

    suci hanyalah sebuah sinetron, kalo misalnya pada gak suka peran si ini sama si itu, kita jadikan aja sebuah pelajaran bahwa tingkah seperti itu emang gak baik. aku suka sinetron suci dari dia yang kecil ampe besar. cz, ceritanya asyik. apalagi ada pemain bayu kertanegra sama rezky. mereka mainin wataknya bagus banget. aku senang film suci. oh yah, cuma judul filmnya aja yang aku kurang suka, cz setiap film aku banyak nonton pasti nama pemeran utamanya yang biasanya diambil jadi judulnya. tapi aku akui kok, film suci banyak digemari orang apalagi dikotaku gorontalo. terutama didesaku wah banyak yang suka tuh. sukses yah buat sinetron suci. oh yah sampein salam saya yah buat mas bayu. i love you mas bayu.

  6. ihsanmaulana berkata:

    masalahnya bukan pada masalah suka atau tidak, tapi bagaimana hal tersebut memberikan efek yang tidak bagus bagi adik-adik kita. dan pula pada waktu suci kecil dimainkan banyak sisi-sisi adegan yang bertentangan dengan ilmu psikologi. tapi kita harus bersyukur, krtikan kita direspon oleh sctv

  7. achy berkata:

    aku suka film suci yang dah gede,bis ceritanya asyik n bikin greget aja tiap hari. apalagi pemeran suci n denis. ih ga tahan liatnya

  8. Ikan_mas berkata:

    Nonton sinetron suci di SCTV saya kok ngerasa nih ceritanya meteor garden banget apa ga ada ide lain toh sineas kita bukan cuma suci loh tp sinetron2 yg tayang di SCTV banyakan ceritanya ga jauh dr situ ga aneh lama2 ditinggalin pemirsa

  9. ihsan maulana berkata:

    trims, achy dan ikan mas.
    untuk achy, memang cerita suci saat sekarang ini minimal sudah tidak mengeksploitasi anak-anak oleh orang dewasa. potensi perusakan mental anak pun tentu juga ikut berkurang.
    untuk ikan mas, memang masalah kita kebanyakan ada di ide cerita dan keberanian produser untuk memproduseri cerita-cerita yang berbeda. kebanyakan cerita yang disuguhkan adalah tidak jauh-jauh beda dengan cerita-cerita yang sukses terdahulu.
    para produser muda mungkin bisa menembus batas itu walau kita juga berharap para produser tua juga berani mengambil ide cerita yang lumayan fresh

  10. rara berkata:

    sinetron suci bagus ko. oh yah kalo misalnya psikolognya bisa ngeganggu adik2 kita. baiknya kita dampingi adik kita saat nonton. kami sekeluarga biasa tuh ngedampingi anak-anak kalo mau nonton film apa aja. biar gaksalah transfer.

  11. fhira berkata:

    kalau bisa sucinya ga usah plinlan dong, pilih mas bayu aja, orangnya yang sabar n ganteng lagi,kalau suci udah pasti jadian sama mas bayu semua orang yang nonton sinetron ini pasti sangat senang,ok ya, sutradaranya jgn lp ya? salam buat mas bayu, kita gemes lo liat mas bayu kalau lagi maen.

  12. uly berkata:

    sinetron suci keren kq, malah kelewat keren bwt q. coz ada bayu and rezky. mereka tuh keren bgt n ceritanya juga lebih keren, apalagi kalo tante anet n omah upi udah brntem, jd seru n gokil. jadi menurut q sinetron suci sama sekali gk ng-rusak mental anak2. cahyo bwt Bunga Zaenal n Rezky Aditya

  13. PEYANG berkata:

    sinetron SUCI bagus kok
    dari suci kecil sampai dewasa ga pernah ketinggalan 1 episode pun, Top banget de

  14. shelly nurhalimah berkata:

    menurut pendapat saya,sinetron suci bener2 top abiz dech,aku jadi pengen tau akhirnya suci bakalan nikah ma siapa cz filmx bkin penasaran bgt….keluargaku pda suka sama sinetron ini,tapi knpa ramon yang pemilik hotel itu jadi ga ada?
    suci,denis,bayu I love u………..

  15. afnhy berkata:

    saya kira sinetron ini tambah asik aja n seru lagi,tapi sayang yach pemeran marionya udah nggak ada yang fersi dewasanya.satu lagi,sinetron ini mendidik kok,sinetron ini mengajarkan kita bersabar menghadapi segala macam tantangan dan cobaan hidup,karena semua masalah pasti ada pemecahannya.

  16. ihda berkata:

    sinetron “suci” keren abiz!!!
    apalagi ada rezky aditya ma bayu jadi tambah asyik!!!!

  17. ihda berkata:

    sinetron ini memang bikin dongkol, tapi gak taw knapa akk malah suka and pokoknya aku gak mau ketinggalan satu episode pun!!!!
    keren abiz pokoknya ! ! !

  18. Ihsan Maulana berkata:

    terima kasih. tentang Mario, Ramon dll pada waktu Suci kecil semuanya hilang kecuali peran Suci yang menjadi dewasa itu. jadi sebenarnya ini adalah sinetron baru dengan cerita baru. cuma menurut saya produser sinetron ini enggan jika harus mengenalkan merek lain selain suci shingga nama sinetron Suci tetap dipertahankan.

  19. vera berkata:

    suci kok ngak suka ma bayu sih. ko dia malah plin plan. orang-orang dirumah kalo pada nonton suka kesal karena suci plin-plan. gak tahu hatinya buat siapa. apalagi suci tampak sering beri perhatianm buat bayu. orang-orang yang pada nonton film ini jadi nggak suka. mana peran bayu lagi udah mulai jahat. wajahnya kan adem kok malah jahat sih. semua orang yang pada nonton dirumah sering pindah channel lain cz suci ngebosenin sih kata mereka.

  20. ihda azizah berkata:

    aku seneng bangat ma sinetron SUCI, coz paemainnya bagus” bgt,. apalagi rezky aditya ma bayu_nya cakep keren lagi…,
    salamin ya buat Rezky aditya……………

  21. bya berkata:

    Saya Dian Mayestika Putri.Kelas 3 SMPN 1 Watansoppeng,Sulawesi Selatan.Saya salah satu penggemar sinetron suci.Tapi kok aku rasa ceritanya nggak menarik dan makin ngaur.Soalnya kenapa Denis malah nikahin Amelia.Padahalkan dia sudah janji sama Suci bahwa dia akan menikahinya.Trus kenapa papanya Amelia mendukung perbuatan Amelia.Itukan tidak mencerminkan watak yang benar seorang ayah,yang seharusnya ia mendidik anaknya.Bukan malah ikut berbuat salah karena alasannya sayang sama anaknya.Itu benar-benar bukan watak orang tua.Menurut aku sich,mendingan suci itu nikahnya ama denis.Trus Amelia dibawa keluar negeri.Nah,dengan begitu papa Amelia bisa berbuat yang mendidik.Tapi karena sudah terlanjur nikah sama Amelia,sebaiknya salah satu dari peran antagonisnya disadarkan.mungkin lewat mimpi ketemu orang-orang dekatnya.Atau nggak diberikan sebuah kecelakaan terhadap peran antagonis.Trus selama itu sucilah yang merawat mati-matian peran tersebut.dan ,ia pun sadar bahwa perbuatannya selama ini salah dan iapun mendukung suci ama denis kembali.Trus merekapun menikah.Mungkin didalam hidup berumah tangga meereka diberi cobaan.tapi jangan lagi yang dipasangin ama gadis/cowok lain.mungkin bisa dalam keaddan ekonomi mereka.Trus tokoh Amelia dipasangin ama Bayu.Mereka juga harus menikah.Oh,iya ini saya sarankan jadwal tayang sinetron suci nggak sampai waktu ujian para pelajar.Soalnya bisa menggangu.Mungkin bisa habis tayang akhir maret.Saran ini saya kirim soalnya saya ngefens banget ama sinetron ini.Lagi pula saya juga bercita-cita sebagai sutradara dan penulis.Jadi,saya harap sran saya diterima.Pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!OKE!

  22. shelly berkata:

    aku mohon kepada sang produser ataupun penulis skenario,kenapa sich ceritanya kayak yg tiada akhir…emang sich dulu aku seneng liat sinetron ini tapi kenapa sich peran bayu jadi jahat gitu…..!!!sekali lagi ini adalah kata hati publik,terus kenapa suci belum pernah ngerasain kebahagiaan???aku pengen liat dia bahagia dengan denis,,dan aku mohon pada akhir sinetron ini suci jadi nikah ma denis,,,aku adalah satu dari 1000 orang yang dongkol karena peran bayu yg tidak cocok jahat eh…..sekarang dia jadi kayak monster kesiangan padahal wajah bayu khan keliatan pendiam,jadi dia gak pantes harus ngwerebut kebahagian adiknya sendiri dan denis!!!!!hidup dech bwt sinetron ini!!!

  23. Novee n' Resa berkata:

    sinetron suci nich, ceritanya kebanyakan nangis ama masalah-masalahnya!!!!!! contohnya, waktu si suci (udah gede) udah jadian ama denis, si bayu malah menimbulkan masalah!!!! abis itu baikan lagi,masalah lagi,kan bosen liatnya!!!!! beberapa sinetron sebelum suci juga begitu, kayak cinderella ama intan. ceritanya dipanjang-panjangin,udah gitu masalahnya berbelit-belit,lagi. tlg bkn sinetron yg punya nuansa lain dari yg lain,jgn pernah niru-niru sinetron luar,yach!!!!!!! kutunggu,loch!!!!!!!!

  24. Anindha berkata:

    sinetroN suci nicH mEnuruTku asiK baNget,,
    teRutaMa kEluaRgaKu pada sUka maSinEtrOn ni,,,
    aK pEnasarAn EndiNgnta kaYak gimaNa,,,???/
    suCi jadInya niKah ma sP yaW?????
    ma oraNg laEn ja,,kaN sEmuaNya paDA pEnasaRan,,,heee
    buaT amElia aK bEnci baNgeT ma kM,,c0z kM jaHat baNgEt ma sUci,,,heheheh
    bEcaNda l0www????
    I l0vE y0u sEmuaNya……

  25. Ikhsan berkata:

    Saya seringkali nonton film suci setiap sorenya, dan saya sangat suka dengan film tersebut yang menceritakan kisah hidup anak yang ditinggal oleh keluarganya dan selalu ditimpa masalah, saya sangat prihatin sekali. Tapi sekarang ini film suci tsb ceritanya selalu membuat bingung dan alur ceritanya selalu mutar-mutar kayak komedi putar, yang mana di film tsb sepertinya tidak ada kekuatan untuk mengungkapkan kebenaran. Jadi kepada pihak rumah produksi dan pihak pembuata film suci tsb untuk dapat memperhatikan lagi alur ceritanya, jangan sampai membuat penonton bingung. Dan kalau boleh saya sarankan, kepada suci tuk mencari pria lain yg benar-benar mencintainya sehingga dengan begitu suci tak dapat lagi perlakukan yang kurang baik, apakah di dunia ini tak ada lagi pria selain bayu dan denis. Denis itu bukanlah pria yang baik tuk dicontoh, karena selalu plin plan tak ada pendirian. Mungkin cukup sekian dulu dan semoga film suci dpt kembali menarik perhatian penonton, karena alur ceritanya jelas dan lugas.

  26. Ikan_mas berkata:

    Sy kaget bc di srt kabar praktis tv cuma jd ttnan para PRT krn para majikan mudanya lbh memilih antri di bioskop nnt fìlm box office mrk bahkan merasa gengsi u nnt sinetron ? Hah ada apa gerangan sy sendiri ga sk nnt sinetron bkn gengsi tp bosaaaan !!

  27. Ihsan Maulana berkata:

    yang dijual oleh produser memang kemewahan. dan orang miskin adalah orang yang paling mendambakan kemewahan yang dipropagandakan di tv. sedang orang kaya sendiri biasanya malah kurang memperhatikan tentang kemewahan karena kemewahan adalah hal yang biasa bagi mereka.

    dan kenapa kemewahan selalu ditampilkan, karena jumlah orang miskin di Indonesia lebih dari separuh penduduk negeri. Jadi segmen ini yang dibidik oleh para produser dan pelaku tv

  28. robil achmad berkata:

    yup, setuju banget…..
    gw jg gk seneng bget klo ad sinetron yg melupakan nilai edukasi bagi seorang anak….. yg jelas gk baguslah klo yg sperti itu menjadi konsumsi qt terutama anak, apalagi sinetron tsb disuguhkan pd jam-jam primetime ……… byuh….

  29. olvy berkata:

    kalo di kelurgaku bukan pengikut setia sinetron, kalo pas diliat ya diliat, kalo ga bisa liat ya ga bingung cari cerita sebelumnya coz stripping getu loh ^_^ kalo ga liat sehari dua hari mah critanya msh di situ2 jg, iya kan?! Apalagi kalo ceritanya makin melebar kemana2 biar episodnya lebih panjang gtu..Nah, sinetron2 seperti Suci, Azizah dan semacamnya mulai ga karuan ketika banyak kisah having sex before married bertebaran dimana2…
    Doakan aku menjadi penulis skenario dan film berbobot selanjutnya ya ^_^ *cita2 terpendam*

    *mampir mas*

  30. Anton Arema berkata:

    saya suka banget sinetronnya Suci, hanya saja kalau saya boleh menilai dan menyarankan, model ceritanya sebenarnya bagus, cuman penulis dan sutradaranya bukan karakter/tipe orang pintar/cerdas, jalan ceritanya sering tidak masuk akal, dan seakan-akan menggambarkan tim pembuat cerita yang bodoh. Kesimpulannya yang mereka kejar hanyalah materi (pemasang iklan/kapitalism/penipuan secara halus/untuk kepentingan sendiri)

  31. juliber.marpaung berkata:

    terus terang saya suka sinetron suci, karena suci sama nita cakep abis, tapi yang saya tidak suka, sucinya nangis terus tidak ada ketegasan untuk melawannya khususnya si mamalia yang tidakl bosan-bosannya melakukan aksi jahatnya terhadap suci, dan kalau boleh suci juga harus melakukan hal yang sama dengan mamalia, aku yakin jika ini dapat dilakukan, maka penonton sinetron suci akan merasa puas, semoga.

  32. Blue_rose berkata:

    Buat penulis naskah kalo blh sy ksh usul bikin sinetron ga usah panjang2 yg penting mutunya bung ! Buatlah cerita yg bs dikenang dgn manis oleh penonton & buat SCTV pilih siaran yg berkwalitas dong jgn asal hrg murah lantas dibeli

  33. Destyanti berkata:

    Gw sering banget nonton sinetron suci, nah untuk episode yang ini gw suka banget. gitu donk kalo bikin film jangan si AMELIA terus yang menang. Jangan kaya film TERSANJUNG. ntar ga kelar2 loh film-y. ok deh gitu aja. MAJUM TERUS SINETRON SUCI. Untuk Bunga Zainal, gw ngefans banget ma loe. boleh g gw minta biodata Buna Zainal=no tlp-y ya! Thanks SCTV. MAJU TERUS SCTV

  34. Dewi berkata:

    kalo bisa film nya dibuat agak enak ditonton donk..
    kekny makin lama film na makin gak enak ceritanya.amelia gak pernah ketahuan bt salah.jalan ceritanya dibt agak enak lah..
    org jahat kog selalu bs bt salah.
    makin bosen in aja film na

  35. Dewi berkata:

    film suci terlalu panjang ceritany.kalo bs cepat2 dibt habis aja.bosenin banget.pertm2 aja enk ditonton.sinetron sctv semua nya pertama aja enak ditonton.uda bbrp episode uda g enak

  36. Lina berkata:

    Pemeran Amelia tlg diganti ama artis lain aja.
    bikin muak aja mukanya
    trims

  37. siti maimoena berkata:

    sinetron suci terlalu berbelit-belit. dan pemeran utamanya selalu tertindas! kalau bisa filmnya agak diperpendek karena film suci memank terlalu panjang ceritanya apalagi selalu ada pemain baru.

  38. siti maimoena berkata:

    untuk bayu kusumanegara gw ngefans banget sama lo. gw minta biodata lengkap, dan jangan lupa fotonya

  39. Ihsan Maulana berkata:

    ehm, sinetron Suci sinetron Suci. fisik memang adalah sesuatu yang dperhatikan dalam jagad film saat ini.
    wajah cantik dan wajah tampan adalah jualan para pelaku industri film. tak khayal, jika banyak para pemain film yang berasal dari model. Kalau kita boleh jujur. coba Anda putuskan dulu koneksi Anda akan cantik dan tampan. lalu silahkan nilai sebuah adegan atau shoot pada kualitasnya. Anda akan menemukan banyak kekecewaan-kekecewaan.
    Itu dari segi adegan. dari segi kualitas cerita, juga lain lagi. Sebuah cerita yang berbobot dan bernilai artistik adalah cerita yang jika cerita tersebut bisa membuat Anda bisa menikmati adegan itu berkali-kali.

  40. anggi berkata:

    aku kecewa ma sinetron suci…. coz q liat cuplikan resky meninggal karena kecelakaan…
    klo g da rezki aditya q g mau lihat sinetron suci lg selain i2 q g ska ma aktingnya galih ginanjar cz maksa bgt klo akting & dy g cocok ma karakterna suci.q jamin dch klo g da rezki d sinetron suci critanya pasti jelek,ngebosenin,&ratingnya akan turun.
    so……..
    jangan ganti rezki aditya dgn galih ginanjar&
    semoga suci bersatu dengan dennis lg.

  41. merry berkata:

    ranting film ne pasti turun habis.makany bagusan film ny cepet2 dihabisin aja.bosen banget ama ceritanya.org baik sealu tertindas dan g ada keadilan sm se x.sctv saji in sinetron g bermutu banget

  42. ihsanmaulana berkata:

    Nilai, nilai dan nilai. itu yang harus dilakukan sebagai “taste” dari sinetron kita. Jika spiderman saja bisa menampilkan pesan yang sangat agung. maka bagaimana mungkin kita yang mengaku bangsa timur malah menginjak-nginjak hukum mental dan nalar.

  43. Adapz berkata:

    Saya hanya numpang lewat, tetapi saya setuju pada pendapat Mas. Saya kadang2 saja nonton sinetron Suci, tapi lebih banyak tidak.
    Alur cerita sinetron Indonesia lebih mirip ke telenovela Filipina dimana tokoh prontagonisnya (wanita jg) selalu diinjak-injak oleh tokoh-tokoh antagonis (kebanyakan wanita). Soalnya orang Filipina kebanyakan bersimpati pada tokoh ‘underdog’ yang nantinya digambarkan akan menang pada akhirnya.
    Namun di sinetron Indonesia, hal seperti itu jarang ada. Seperti Suci, malah tokoh utamanya teraniaya terus dan teman-temannya sangat ‘clueless’ skali dengan niat Amelia.
    Itu alasannya sinetron Indonesia bukan favorit saya, karena ceritanya terlalu melankolik dan terlalu mengumbar perbedaan status. Celakanya, tidak satupun cerita semua sinetron yg orisinal, realistis dan unik. Seperti jadi standar umum.
    Yah, semua demi rating!
    Sekian pendapat saya!

  44. zaQia berkata:

    Q sK BgT Ma sINetROn SUCI cOZ aDa rEZky aDitYA DAN BaYU KUsuManEGAra siCh…sUkSeS Ya foR MD ENTERTAINMENT..LoVE You fOrEvER..

  45. putri berkata:

    Sinetron Suci Benar-benar tidak mendidik, Tuhan tidak akan memisahkan Ibu kandung dengan anaknya apalagi ASI tapi sepertinya Sutradara Sinetron Suci hebat ya mengajar kita untuk berbuat kejam sudah banyak mas Ibu membuang Anaknya, mau kasih contoh kita untuk berbuat jahat sama orang lain. Peran antogonis slalu ditonjolkan.

  46. putri berkata:

    Sinetron Suci Benar-benar tidak mendidik, Tuhan tidak akan memisahkan Ibu kandung dengan anaknya apalagi ASI tapi sepertinya Sutradara Sinetron Suci hebat ya mengajar kita untuk berbuat kejam sudah banyak mas Ibu membuang Anaknya, mau kasih contoh kita untuk berbuat jahat sama orang lain. Peran antogonis slalu ditonjolkan sepertinya Tuhan mengizinkan Amel, Mama Anet,Farhan jahat trs.

  47. miena nurhayati berkata:

    norak tau gak sama ini sinetron…benci kalau nontonnya,ibuku sering banget nonton ini tapi anakanak nya pada protes….
    paling benci sama antagonisnya,suka cepat tahu..dan suci males bgt naqngis terusss cengeng

  48. Lin berkata:

    Sinetron Suci ceritanya memang bagus,sayang tokoh utamanya yaitu suci sering terpuruk,jadi tolonglahjangan sampai kebaikan itu selaludikalahkan oleh kejahatan,dan itu terusmenerus,perlihatkan bahwa seorang yang berbuat jahat akan menerima akibat dari kejahatannya,jadi yang realita aja deh,masa kejahatan melulu yang dipertontonkan,jadi bosen deh,

  49. nawi berkata:

    haii semua ………
    saya berpendapat sinetron suni emang bikin kita emosi dan jekel .tu sudah berhasil untuk mempengaruhi emosi kita ..saya puji bagus ….
    tapi bohongnya itu jangan menampilkan dari dokter sampe polisi dan suster juga seorang pengusahan besar yg semuahnya itu gobloknya sampe kedengkul-2nya ,dan mempamerkan bangsa
    kita ini sangat rentang dengan bermental bejad
    sampe segala sesuatunya ganpang disogok dengan uang …… coba pikirkanlah ceritra viktif harus tidak dengan sekoblok itu !!!!

  50. nawi berkata:

    ralat bukan suni ..tapi SUCI

  51. komkom berkata:

    sinetron suci sih bagus deh secara keseluruhannya,tp yg agak membuat penonton menjadi agak kurang bersemangat utk tetap mengikutinya adl pemeran pendamping nya pemeran utama,alias Denis nya meninggal…
    jd dari keseluruhan cerita ini,bs membuat org2 awam ikut2an tdk bersemangat berdoa,toh setelah berdoa dan berbuat sebegitu byk kebaikan dan stlh melwati sebegt byk fitnahan,Tuhan tetap sj tdk mengabulkan permintaan setetes kebahagiaan,yakni berkumpul dgn sang suami dan anak tercinta nya,Tiara….
    Dan,malah ketemu dgn Martin…
    Keliatan bgt kl sinetron ini tlh abis akal utk tetap memperpanjang ceritanya…

  52. komkom berkata:

    1 lg nih….
    emank bener2 deh kayaknya sinetron ini ud ga ad lg alur ceritanya…krn,tiap 1 episode,ceritanya hanya berputar2 disitu2 sj,andaikata,kita Alpa menonton nya seminggu pun ga akan ketinggalan bgt,krn kita akan lbh tau ceritanya itu mengarah kemn…
    Dan,kemelut2 nya gmn2 sj…
    Napa sih,ceritanya hrs begitu?apakah yg begini2an jg termasuk rating??
    apakan berlomba2 utk mencari rating kebosanan penonton????

  53. amor berkata:

    aku suka bgt film suci
    aku ngefans bgt ma suci n denis
    gimana bisa dapetin potonya denis n suci yah,mungkin mereka punya friendster or email??

    suci is the best!!!!!!

  54. amor berkata:

    tp sayang kadang aku g bisa nonton krn aku kerja………..

    yang mau kenalan ma aku bisa buka FS ku amor_cakep2007@yahoo.com
    mungkin kita bisa berbagi cerita

    thxz

  55. hani berkata:

    Dennis O.K.!!!!!!!!Martin K.O. aje

  56. Yetty Agus berkata:

    Untuk yang sering nonton sinetron SUCI tolong disimak lebih dalam, memang ada yang komentar kalo itu hanya sinetron kalo suka lihat kalo tdk jangan nonton, betapa pendeknya jalan pikiran anda lantas kalo didunia orang seperti kamu wah dunia sdh lama kiamat. Kita hrs berpikir bukan secara individu aku juga suka nonton tapi lebih sering muaknya karena kenapa selalu orang yang baik pasti didera oleh derita yang tidak pernah habis. Saran saya untuk si pembuat cerita Anda tidak capek ya melihat pemain menjalani cerita anda harus nangis, nangis dan nangis. Kapan mereka akan menemukan kebahagiaan yang abadi. Tolong ya mas kalo hanya untuk rating untuk apa anda sekolah/belajar membuat cerita. Udah ah aku capek sama capeknya seperti Suci yang baru saja akan bahagia dengan Martin dan Tiara ehhhh lagi2 tuh perempuan mengganggu terussss.

  57. nisa berkata:

    aku suka bgt sinetron suci…..
    cerita yg akan dtayangin nanti mlm,itu yg paling Qtunggu2.suci tau klo dennis msh hidup,,,,,,,,,,abiz be2rapa hari kemarin aq hanya melihat kesedihan dennis,yg hanya buat aq kesel.ya semoga aja suci n dennis bakalan bersatu kembali,bgtu banyak pengorbanan yg dilakukan oleh dennis untuk suci.apa kesedihan yg harus diterimanya???aq pengen suci n dennis kumpul lagi dngn keluarga darwin&klo mereka smua dah kumpul…..aq pengen ada kekonyolan lagi di keluarga mereka yg bikin penonton tertawa.dulu guruQ sering crita sinetron suci dScol,gr2 kekonyolan oma&ma2 anet.tp skrg dy sebel gr2 critanya semakin aneh!!!!tp aq te2p suka kok sm sinetron suci,yg aq pengen cuma suci,dennis&tiara dapat bersatu kembali bukan sm martiiiin.biarkan martin mencari cwex laen!!!!!!!hehehehehehehe
    pokoknya sinetron suci is The beSt………

  58. nisa berkata:

    Oy ada 1 lg!!!!!!aq pengen ngasih kritik…..soal polwan yg nangkep suci tyngan td mlm.polwannya pkek bajunya aneh,kata ibuq kyk blm dsetrika.hehehehehehehe.aq cuma ngasih kritik yg bisa membangun biar lbh baek.tp aq minta maaf klo ada kata2Q yg salah.

  59. Ihsan Maulana berkata:

    Semua Bebas Berkomentar kok. Jadi jangan khawatir, yang penting tidak mendadung diskriminasi SARA 🙂

  60. ghaitsa berkata:

    saya suka dgn ceritanya, apalagi pemain2nya akting mereka bagus sesuai dengan karakter tokoh yg mereka perankan.cuman saya mau komen nich tentang jalan ceritanya untuk peran suci kenapa suci harus terus berlarut2 dalam masa lalunya terutama setelah bertemu dengan dennis dia sudah menikah seharusnya dia mengutamakan suaminya yg baru, karena yg namanya pernikahan adalah sesuatu yg sakral bukan permainan walau apapun alasan terjadinya pernikahan itu, dan lagipun suami suci yaitu martin sangat mencintai dan menyayangi suci, dia telah menerima suci dan anaknya tiara apa adanya, dia selalu mementingkan suci dan anaknya dari segalanya walaupun harus bertentangan dengan tania bekas pacarnya, menurut saya suci harus mempertahankan rumah tangganya bersama martin jangan sampai apa yg pernah terjadi dulunya terjadi kembali untuk kedua kalinya.suci harus menyelamatkan martin dari tania yang ingin merebutnya dari suci, disinilah penonton ingin melihat suci mempertahankan rumah tangganya untuk kedua kalinya, mengenai dennis cinta tidak seharusnya memiliki seterusnya karena itu semua sudah ditakdirkan oleh yg diatas, pengorbanan dennis yg di perlukan untuk kebahagian suci itu lebih berharga mengingat dulu suci sangat menderita bersamanya walaupun suci dan dennis saling mencintai tetapi dennis sering menyakiti suci dengan memihak kepada amel bertolak belakang dengan martin dia lebih percaya suci di banding tania yg selalu mencari salah suci,lagian apa jadinya martin yg sudah ditinggal ortunya sejak kecil hrs patah hati bila dkhianati suci yg telah di cintainya, jgn sampai itu terjadi karena suci membawa imej wanita yg bukan tipe pengkhianat suami walau pun dia tidak mencintai suaminya martin. rumah tangga suci dan martin yg lebih ingin di ketahui oleh penonton bagaimana cara mereka mempertahankannya dan apa yg dilakukan martin dan suci dlm menghadapi cobaan ini.

  61. dewi berkata:

    gw jg gak suka sinetron suci dan berharap cepat selesai.

  62. nisa berkata:

    kpn seh sinetron suci slese???????????aq udah kasihan melihat penderitaan dennis.begitu bnyk pengorbanan yg dilakukan,,,,,,apa balasannya?klo suci tetap hidup brsm martin&tiara jg dbw oleh suci.apa yg bs dennis dpt???seharusnya crita ini dpercepat….martin hrs tau jati diri dennis secepatnya.klo crita ini dbuat suci tetap brsm martin tu hny me2ntingkn 1 hati se2orang& 2 hati akan terluka.y q jg bngg dlm crita ini smua orng puny pngorbanan msng2,klo suci kmbl brsm dennis,martin akn terluka bgtu sbaliknya klo suci brsm martin!!dennis yg terluka.tp setdknya ada tania yg selalu mncntai martin,mskpun tania slh langkah untuk mndptkn martin.tp tdk slamanya orng tu jahat!!!!!!!oy orang mengenal sinetron suci sejak sudah dewasa kn cinta antara suci&dennis,,,jika hal itu berubah percuma donk sjk dulu qt nonton kpn suci&dennis bahagia…klo endingnya tdk memuaskan penonton.oy apa mgkn sinetron suci critanya dperpanjang,karena ingin masuk dlm nominasi sctv awards.gpp seh,aq mlh senang!!!!asalkan endingnya bagus…. suci n dennis bahagia hdp bersama.

  63. hani berkata:

    oy aq pngen mempertanyakn!!!!!!!!!kenapa sehabis nm bunga zaenal,hrs nm miller???ya mgkn gak jd soal.yg penting dennis&suci kembali bersatu kembali!!!!!!!!!abiis yg dpentingin martiin melu2.kenapa seh gak da yg peduli perasaan dennis!!!!!suci jg msh cnt ma dennis,dy gak mau ninggalin martin jg karena dy gak ingin nyakiti hati martin.
    suci n dennis….is the best.

  64. Kania berkata:

    Tadinya aku udah mulai gak nonton Suci pas Amelia gak kalah2 juga….abis bosen banget, dan inti sinetronnya cuma tokoh amelia yang ngerjain suci, tapi kisah cinta dennis ma suci udah gak menjadi fokus lagi…malah dennis terkesan gak cinta2 amat ma suci, selalu percaya aja ma amelia. trus nyebelinnya si suci selalu gampang banget maafin dennis kalo dennisnya sadar. tapi terus aja nanti diulangin lagi, percaya lagi ama amelia.
    Nah setelah ada tokoh Martin, aku jadi semangat lagi nontonnya,apalagi pas suci udah mulai cinta ma martin. menurut aku suci jadinya ma martin aja, yang lebih cinta dan percaya ma suci. dennis selalu bikin suci menderita dari dulu, sampai2 nikah sama amelia (walau dengan alasan apapun). jadi ini saatnya suci menemukan laki2 yang benar2 cinta dan percaya sama dia. hidup MARTIN!

  65. nisa berkata:

    iih….knp seh crt sinetron suci mkn lama crtanya semakin kurang menarik.yg bikin aq msh tetap nonton,,gr2 keikhlasan dennis.ya moga2 dngan semua keikhlasannya,dy bisa mengembalikan semua keadaan seperti dulu lagi.dy kembali hidup bahagia dngan suci,,,,karena dari dulu crta suci menarik gr2 keromantisan,kekonyolan,kesedihan antara suci n dennis.knp crtanya hrs seperti ini,percuma donk perjuangannya selama ini.ya mgkn crtanya dibuat seperti ini,agar episodenya lebih panjang.tp yg ada buat penonton sebellllll,,,,apa lagi klo sampai suci punya anak dari martin.oy mgkn jg crtanya dibuat sprt ini,agar dennis tau rasanya dtinggal oleh orang yg dcintai.karena dulu dy pernah menikah dngan ma2lia,,,,y semoga aja ini jd palajaran buat dennis.orang sabar dsayang Tuhan!!!!!!!!!sprt biasa………..
    suci n dennis…..is the best.

  66. komkom berkata:

    Sejujurnya,sinetron ini telah di buat dgn susah payah,tp sgt di hrpkan stlh begitu byk komentar yg ada,kedepannya akan menjd lbh baik…
    krn,sebagian besar komentar adl ttg hal2 yg krg lbh sama sj…cthnya: cerita yg terlalu pjg sehingga terkesan membosankan,tokoh utama nya selalu menderita,selalu ad pihak2 yg bejad(ciri khas film/sinetron indonesia),dan alur nya berbelit belit….
    coba sj ikutin cerita2 Daai Tv…dulunya saya paling tdk suka nonton Daai Tv mskpun asal main sinetron(drama)ga pernah ad iklannya,lgs main selama 1jam penuh…
    Tp,skrg saya selalu tdk pernah melewatkan cerita2 drama di Daai Tv…baik itu yg cantonis atopun yg indonesia(yg terbaru bakal di tayangkan tiap jam 7 mlm)
    itu semua di karenakan,sbg pemirsa kita menghabiskan wkt kita selama 1jam penuh pun,kita tdk merasa rugi,dan malah kita mendptkan byk pelajaran dari drama tsb…
    Sgt di jamin,selama nonton bbrp judul,tdk pernah ad terlihat pemeran yg bejad,fitnah yg sehebat sinetron2 kita,yg ada kita di perlihatkan bagaimana menjalani kehidupan ini,bagaimana menghargai persahabatan,bagaimana mengambil keputusan yg bijak,bagaimana melewati hari2 penuh rintangan…
    Nah,itulah yg tdk pernah kita dptkan di sinetron2 kita……sgt di sayangkan sekali,kita menghabiskan wkt kita selama beratus2 jam(beratus2 episode,dan tiap tayang beserta iklan yg super byk)…tp kita tdk mendptkan apa2 yg berharga……

    Trima kasih…

  67. nisa berkata:

    wah akhirnya sinetron suci mo slese juga!!!!ceritanya dah mulai menarik lagi.dengan berkumpulnya keluarga darwin,,,itu yang membuat heboh&q slalu ketawa dengan tingkah mereka yg konyol.dengan sikap martin yang seperti itu,mungkin memang hal itu yg bisa membuat suci n denis bersatu lagi.^-^

  68. Bunga berkata:

    Kalo ceritanya ga ngawur ! Kalo naskahnya ga dibikin puaaanjang ! Kalo mutunya bgs ! Kalo kisahnya ga mulu soal hitam n putih ! Nti namanya jd bkn sinetron lg dunk !:-D:-)

  69. Ihsan Maulana berkata:

    komkom, kamu kok bijak banget ya, kayak avatar 🙂 buat nisa sepertinya tebakanmu meleset karena seperti masih akan panjang seperti sejarah jayapura. buat bunga, iya juga sih tapi ya mbok nanti sampai saya sudah jadi doktor, suci tetap saja seperti itu hidupnya selalu menderita.

  70. nisa berkata:

    ternyata bener katamu ihsan…..sinetron ini mgkn nunggu seabad lagi kale ya.q pkr kmren udah mo slese,ternyata………..oy aq gi libur dulu ya nonton suci.abiz critanya salah pahaaaaam melu2,kpn suci n dennis bahagia.dulu orng ketiganya bayu n mamalia,skrg martieeen n nina bo2k.mgkn bsk klo ada lagi mgkn namanya reptilia n anaconda,y aq mungkin se7 klo dennis ma nina asalkan yg jd ninanya….nia ramadhani(hehehehehehe).oy klo mank sinetron ini mo tamat jangan ada suci season 2 segala y!!!!!!klo tamat y tamat ja.biar gak bosen mending bikin judul yang baru aja,asal yg maen rezky aditya.dennis sorry y ntr mlm q gak nonton wajahmu yg ganteng dulu,,,,abiz ceritanya ngebetein.ntr klo dah romantis2n lagi ma suci,q baru mo nonton.pesanq sinetron ini cepat slese ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  71. hani berkata:

    aq spendapat ma nisa,aq aja yg setia nonton suci….skrg udah gak semangat.y mgkn sejak marteeeeeeen&si nina muncul.critanya gak bosen2 ya itu2 aja,,,,oy bunga zaenal n rezky aditya masuk nominasi sctv awards kn.selamat ya,kalian berdua memang pantas dpt nominasi itu.suci n dennis pkkny siiip deh.

  72. nisa berkata:

    nah gitu donk baru seruuuu abiz…..dennis jd cowok yg keren n jahat tp te2p baek.biar martiunnn tdk bisa semena-mena pd dennis,mank harus kayak gitu dlawan.critanya juga sama kyk sewaktu suci n mamalia merebutkan dennis!!!suci mencari bukti kejahatan mamalia n skrg sebalikny.tp yg bikin te2p masih sebel baru gak nonton berapa hari,,,dateng lestari n nenek sihir(tante…..) bukannya luna maya gituuuu.bikin+musibah aja,,,kenapa gak skalian selasa,mamalia,bayu,nita,marcel,cindy,farhan,lilis,dll dateng lagi.ntr klo dah pada kumpul bikin deh acara reunian,ato kalau gak bikin tim baek n tim jahat.ntr tanding deh kyk acara 17an,,,,,buat penulis ide cerita:q pengen dennis tetep jd cowok keren yang baik hati!!!!!jahat gak apa2 seh klo buat lawan martiuuun,pokoknya jangan mau kalah aja ma martiuuun.oy buat nina bo2k gak usah jahat2,ntr + dbenci orang lho.
    love suci n dennis.^-^

  73. nisa berkata:

    oy da 1 lg,,,,,,,pokoknya tadi malam PERFECT.

  74. nisa berkata:

    apa benar bsk jumat sinetron suci slese???klo bener itu kabar bagus bgt…..tp klo mank slese endingnya dibuat yg sangat berkesan dihati penonton.ceritanya jangan mengambang,,,,yg membuat kecewa.martiuuun&nina bo2k dbikin sate aja buat buka puasa.hehehehe.mau slese aja critanya masih ribet bgt,,,,udah gitu td mlm gak dtayangin episode selanjutnya lagi.malam ini critanya martiuuun,nina bo2k,tante silpi dbuat yg lucu dlm arti kjebur got/apalah!!!!!!!sorry.sebelum nonton aja aku sempat2in buat kasih komentar.
    suci…^-^……..dennis…..^-^….is the best.

  75. nisa berkata:

    oy aq lupa ada 1 lg,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ini yg paling pntng!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    sinetron SUCI jangan dbuat SEASON 2 y!!!!!!!!!!
    pokoknya klo slese y slese aja,,,,biar yg nonton gak sebel.mending buat judul baru……yg penting yg maen rezky aditya.hehehehe

  76. nisa berkata:

    ada 1 lg………………..dan ini yg paling penting.
    sinetron SUCI jangan dbuat SEASON 2 y!!!!!klo dah slese.biar gak bikin sebel!!!!!!!!!mending bikin judul baru……yg penting yg maen Rezky Aditya.hehehehe

  77. Ihsan Maulana berkata:

    Suka Banget ya ma Rezky Aditya. 😉 wah bisa-bisa harga si Rezky melambung naik nich

  78. nisa berkata:

    q br ngasih komentar neh,,,,,setelah sinetron suci slese.tp critanya top abiz deh endingnya!!!!!!!!!!!!!!yg bs q ucapin cm………………..

  79. Ihsan Maulana berkata:

    Wah q gak bisa komentar. entar dituduh advetorial. tapi sesi t’akhir bagus kok dgn cttn di sana-sini

  80. Vera A berkata:

    ADA SUCI KE 2 GAK? aku kangen banget sama suci, dennis dan tiara

  81. Ihsan Maulana berkata:

    Ehm, kalau permintaan pasar besar, ada kemungkinan produser akan melirik lagi. Tapi pemeran Dennis dan Tiara sekarang sedang menggarap sinetron dengan pihak PH yang sama tapi dengan judul yang lain

  82. nisa berkata:

    setelah sinet suci slese aq baru ngasih komentar neh.Endingnya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    KEREN ABIZZZZZZZZZZZZZ.

  83. akmarina salwai berkata:

    kenape cerita ini x ada dlam youtube??? semua di download

  84. chikushodo berkata:

    huh amelia sombing amat !!

  85. apa bae berkata:

    bunga zaenal im yours like

  86. jennytra rara berkata:

    duhh keren abis deh tapi terlu antagonis pemainnya membuat aq jadi pengen nampar tu yang jahaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s