Sinetron Cinta Bunga; Cerita Bersolusi Sempit

Posted: Maret 30, 2008 in Cangkruan

Sinetron yang ditayangkan pada prime time di salah satu stasiun televise nasional, banyak ditonton terutama oleh para ibu rumah tangga, dan anak-anak remaja putri. Ceritanya, berkisar antara cinta dua kelas berbeda di masyarakat. Satunya adalah pemuda tampan lagi kaya, sedangkan si perempuan adalah gadis miskin kota, yang bermimpi dapat dipinang oleh “pangeran berkuda”nya.

Dengan mimpi romansa yang sudah ada sejak zaman Wiliam Sheakerpeare ini diolah ulang. Mungkin sang produser film beranggapan bahwa mimpi orang Indonesia saat sekarang ini adalah mimpi orang eropa satu abad yang lalu.

Pucuk di nanti, ulam pun tiba. Begitulah kira-kira keinginan Bunga, karakter yang diperankan oleh Claudia Cinta Bella, benar-benar seperti mimpi. Begitulah mungkin pemikiran sang sutradara. Bunga pun akhirnya menikah dengan Reno. Tak hanya itu lewat sebuah kisah, Cinta pun mewarisi kekayaan yang seharusnya menjadi milik Reno. Tapi rupanya itu membuat malapetaka mulai bermunculan menimpa Bunga.

Mama Ratih, yang dibaptis berperan antagonis merasa tidak suka dengan keberadaan Bunga. Segala cara ia tempuh untuk merebut harta yang lepas dari dirinya. Si Reno pun, yang didapuk menjadi orang yang disukai Bunga, menjadi alat kontrol mamanya. Reno yang pada awalnya tidak menyukai Bunga, akhirnya benar-benar jatuh cinta dengan Bunga.

Petaka pun terus mengahampiri pasangan muda ini, Nyonya Ratih terus menerus menteror Bunga, dan Reno pun dalam keluguannya yang boon tidak bisa melakukan apa-apa. Tak ada kecerdasan disana, yang ada adalah kelicikan dan kebodohan yang tampak dalam cerita sinetron yang banyak menjual tangis dan air mata ini.

Reno terlalu di set up menjadi lugu hingga bukan lugu yang kelihatan tapi bodohnya yang tampak. Cerita pun makin tidak menarik karena tidak pernah ada solusi cerdas yang ditawarkan. Factor yang menyebabkan penderitaan tidak pernah dikaji dan dibicarakan dengan jernih, solusi yang dikeluarkan adalah solusi penuh emosional, sehingga penderitaan pun tidak pernah pergi dari kehidupan Bunga. Jadi orang baik dalam versi Bunga sangat tidak enak, mending jadi karakter Pak Roy yang ambisius licik tapi tetap berkuasa dan memegang duit banyak.

Jika memang sumber penderitaan Bunga dan Reno adalah Mama Ratih, tentu seharusnya mereka berdua sebagai pasangan harus sudah tahu dan kemudian memilih pindah dari rumah itu, entah itu mengontrak rumah atau Cuma indekos di tempat lain. Selesai perkara bukan?tapi bukan sinetron namanya, jika masalah kecil tidak menjadi besar. Masalah yang dihadapi Bunga sebenarnya relatif ringan, sumber petaka dan penderitaannya pun sudah diketahui yaitu mama Ratih.

Tapi cerita memang sengaja dibuat sepanjang mungkin sambil menguji kebodohan penonton cinta Bunga dan pula menunggu rating Bunga anjlok. Jika sudah animo penonton sudah jauh berkurang, maka barulah nanti sang produser berpikir untuk membuat ending sinetron ini. Dan jeleknya lagi, ending yang dihadirkan kadang kala tidak jelas. Membuat rasa penasaran penonton yang selama ini setia dikibuli.

Iklan
Komentar
  1. Yetty Agus berkata:

    Saya sebetulnya suka dengan sinetron CINTA BUNGA tetapi mengapa cerita di persulit apalagi selalu menjadikan kaum perempuan yang tertindas atau perempuan yang jahat se-jahat2nya, saya tidak tau apakah didunia ini ada orang/perempuan yang sejahat mama Ratih or Wilda. Entah dari mana datangnya ide sang pembuat cerita sehingga membuat menjadi rancu, seperti episode hari ini (20/4/08) apakah sampai segitunya Arga berkorban demi Bunga sehingga hampir tewas tertembak penjahat kiriman Wilda. Sungguh smart si Wilda ini dan apakah seorang seperti Wilda mempunya teman2 penjahat. Pada episode keberapakah Bunga bisa berubah nasibnya. Tolong jangan merendahkan martabat perempuan.

    Thank you

  2. ihsanmaulana berkata:

    setuju!!^_^,mumpung hari kartini nih, seharusnya kita gak boleh melecehkan perempuan dengan penindasan seperti itu. Apalagi semacam ada sebuah kospurasi pencucian otak tenteng perseteruan antar perempuan (ini tentu politik belah bambu buat perempuan) sehingga para perempuan Indonesia akan dibiasakan dengan intrik-intrk yang terjadi diantara mereka. Dan jelas ini tidak sehat. Apalagi juga semacam ada slogan yang coba disampaikan oleh sinetron dewasa ini; perempuan tanpa malu-malu berebut lelaki. Dan jelas pasti sutradaranya laki-laki yang inginnya seperti itu atau sutradara perempuan yang tersetting para lelaki.

  3. fenfen berkata:

    terlalu ga masuk akal jalan ceritanya… aku sebenernya mulai bosen ama sinet ini, tapi pnasaran juga walopun bener kata ihsan, kadang endingnya ga jelas, bahkan ga jarang juga mengecewakan. uda ga jelas, tau2 “SAMPAI JUMPA DI CINTA BUNGA 2”. huuuuuuuu bete deh kalo gitu.. indon2… senengnya bginih inih

  4. Yetty Agus berkata:

    Seru banget Cinta Bunga hari ini, sdh capek berdoa untuk keselamatan Arga eeeehhhh ujuk2 dia pelukan lagi sama Reno trus terlihat pula oleh Arga. Terus terang wahai sipencetus cerita jawablah sedikit or beri komentar dari komentar2 kami ini, apakah anda merasa puas dan senang kalau perempuan hanya mikirin utk rebutan laki2 trus Reno sdh kawin dgn Bunga gimana begitu gampang nidurin perempuan lain. Setlh dia hamil tdk pernah mengatakan kalau Wilda itu perempuan murahan yg sengaja menjebak Reno tapi tetep merendahkan Bunga.
    ah capek deh komentarin cerita sinetron zaman sekarang. Tuhhh lht betapa bunga senang krn Arga sadar dari koma tp nanti ni ye dia pelukan sm Reno. He he he he puas deh boongin orang

  5. Yetty Agus berkata:

    Aku sengaja nulis disini biar uneg2 keluar semua, untuk yg nonton Cinta Bunga episode hr ini 23/04 gimana pendapat anda2 semua, aku angkat topi untuk si pembuat cerita. Orang mau honeymoon ke bali kok bisa2nya perempuan brengsek itu (Wilda) membuat taxi mereka celaka dan dr.Arga agak lumayan parah cederanya. Udah ah capeeeeek dan EGP kata Duo Maia

  6. lady_moslem berkata:

    duh, kami se kosan suka banget film cinta bunga,.walaupun km sangat sadar bahwa kami sudah dibegoin ma tu film, km cm berharap bhwa ARGA kagak mati, arga tetap jadian ma bunga aja, krn km hanya ingin melihat arga bahagia, klo arga mati, kami gak bakalan nonton bunga lagi,…

  7. Ihsan Maulana berkata:

    Sepertinya harapan kalian bahwa Arga hidup bahagia ma Bunga tidak kesampaian deh. Bagaimana tidak, dia sudah meninggal terlebih dahulu.
    Dan untuk Lady_moslem, apakah kalian masih lihat sinetron Bunga lagi?:-)

  8. Yetty Agus berkata:

    Aku ini masih kadang2 nonton cinta bunga walau sdh mulai muak, apalagi ngeliat kelakuan si Wilda, emang ada ya perempuan kayak gitu udh hamil cara nepo trus maksa lagi mau supaya Reno tetep sama dia. Apalagi hari ini dia nabok Bunga saran saya sm siempunya cerita hebaaaaat lo sumpah kayaknya cerita sinetron hari gini mau jadi poligami maksud gue 1 laki direbutin. Oya itu mama Ratih sdh sembuh knp ya anak2 nya tidak bs percaya kedia malah masukkin lagi ibunya ke RSJ. Udah ah capekkkkkkkk

  9. Yetty Agus berkata:

    Biarin deh pada bosen, kok sebel tp trus nonton cinta bunga ya. Sebetulnya pengen tau ending dari orang jahat seperti Wilda, contoh episode hr ini rabu 07/05 mama Ratih sdh berhasil menyandera Wilda di RSJ dan berhasil pula menemukan Cinta tp apa akhirnya malah rombongan yg gila ditangkap dan nona Wilda bebas lagi dng membawa pergi Cinta. Au’ ah gelap pusiiiiiiing kata Peggy MS
    Untuk sipembuat cerita siapa ya yg bego penonton atau anda.

  10. Leedezh berkata:

    Sebenarnya saya juga senang dg sinetron ini tapi sebelku sering kali muncul bagaimana gak jika masalah udah mau selesai eh timbul masalah baru, untunglah bu Ratih sudah sadar sekarang tinggal wilda yg belum insyaf sampai saat ini ya udahlah namanya juga sinetron cuma skenario sutradara ora gagas.

  11. Archiles berkata:

    Hallo Leedezh wah kamu sering nonton juga tho? memang kalo kita terbawa emosi skenario, itu berarti sutradaranya berhasil ya ngak haaa.. ee ora gagas itu apatho artinya? salam kenal ya dada leedezh……………………….

  12. ai berkata:

    iiihhhh.. lama-lama jijai dech nontin tuch cinta bunga, soalnya ceritanya hampir setiap hari gitu-gitu ajjjaaa… ato sutradaranya udah kehabisan ide kali ya… pokoke boooosssssaaaaaannnn bangeeettt… ngelebihi sinetron tersanjung dulu…
    lagian napa ya, semua sinetron di indonesia ini gk ada yg berbobot…. heran dech….
    buat tuch sutradara cinta bunga, mending cepatan aja dech diakhiri, kan bs buat sinetron yg laen lagi, biar penonton gk muak liat tuch sinetron…

  13. manda berkata:

    buat yang ngefans sama andrew andika aka dr arga, masuk kesini aja

    http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,7041.0.html

    ada banyak info, pic&videonya Dr Arga tuh..

  14. nawi berkata:

    orang yg suka dengan sinetron cinta bunga …. orang goblok sama kaya si RENO nya bau jengkol luh dasar sutradara kampungan …kampungan

  15. marvik berkata:

    hehehehe…………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s