Jilbab Itu Baik

Posted: Juni 4, 2010 in Awewe, Cangkruan, Motivasi, pemikiran, pendidikan, Renungan

Jujur, tulisan ini saya tulis atas dua hal yang mempuat saya kepikiran (sengaja istilah kepikiran ini saya pakai karena tiba-tiba saja muncul di dalam benak). Pertama, dikarenakan banyaknya teman-teman mahasiswi di perguruan tinggi Islam negeri di Surabaya yang tidak memakai jilbab saat berada di luar kampus; baik ketika berada di kos saat menerima tamu laki-laki ataupun berbelanja kecil ke toko di dekat kos ataupun berbelanja plus jalan-jalan ke mal di daerah Surabaya. Kedua, banyaknya anak-anak saya yang bersekolah di sekolah Islam, mereka memakai jilbab di sekolah tapi saat di luar sekolah juga berlaku hal yang sama dengan kakak-kakak kelasnya di perguruan tinggi Islam di Surabaya tersebut.

Pertama kali saya berharap semoga yang saya lakukan tidak termasuk yang terdefinisikan meng-ghibah mereka karena niat saya baik agar mereka menjadi baik. Itu saja, it’s enought!.

Perlu diketahui oleh para wanita muslimah bahwa memakai jilbab adalah kebanggaan tersendiri. Dulu para orang tua kita dan kakak-kakak muslimah kita pada jaman Orde Baru sampai-sampai harus rela untuk tidak bisa masuk sekolah negeri karena mereka mempertahankan jilbabnya. Pada masa Rasul, jilbab berarti perlawanan terhadap kemusyrikan dan penanda bahwa pemakainya adalah orang baik-baik. Di Eropa, saudari-saudari kita banyak yang pernah menangis karena mempertahankan jilbabnya di tengah-tengah kebudayaan barat yang terbuka.

Sekarang, kita hidup di sebuah negara muslim bernama Indonesia. Kita bebas menjalankan agama kita di sini, kita bebas mengekspresikannya di sini. Tapi kenapa malah kita yang termakan oleh kulit budaya barat. Mungkin seperti kata Pak Sony, Direktur Indosat. kepada saya pada sebuah seminar pendidikan. Ia mengatakan, “Inilah salah satu efek globalisasi. Mau tidak mau kita telah menghadapinya.” Ya memang globalisasi bukan hanya di depan kita tapi telah masuk ke dalam diri kita. Secara tidak sadar misalnya kita sekarang sudah memakai toilet duduk di rumah kita dan hampir seluruh fasilitas publik (walau saya masih belum terbiasa dengan toilet model ini dan seringkali tetap harus jongkok agar bisa menunaikan hajat), di setiap saku kita pasti terdapat minimal sebuah hp merek-merek luar negeri mulai dari Nokia hingga merek-mereka cina yang pelafalannya membuat lidah keseleo, pendingin ruangan agar suasananya mirip di Eropa dengan berbagai banyak alasan dan banyak lagi lainnya.

Baiklah, saya tak akan membahas semua itu. Karena saya hanya ingin mengatakan bahwa kami para lelaki menghormatimu saat engkau memakai jilbab. Dalam pandangan kami para lelaki muslim di Surabaya, baik yang taat ataupun yang agak mbeling, wanita yang memakai jilbab adalah dambaan mereka jika mereka menyebut istri yang baik atau yang shalihah. Memang jujur pula saya katakan, kami sering terpukau melihat rambut kalian yang indah terurai terjulur bak bidadari yang mandi di sungai dan selendangnya diambil oleh Jaka Tarub. Kami memang suka, tapi jujur pula bahwa itu membuat penilaian kami terhadap kalian menjadi berkurang. Karena kami menganggap bahwa kalian tak punya keteguhan sikap yang membuat kami merasa aman saat kami meninggalkan kalian di rumah atau di tempat kerja kalian dan kami harus mengerjakan pekerjaan kami sendiri. Kami para lelaki mungkin saja akan menjadikan kalian sebagai pacar tapi mungkin harus berpikir berulang kali untuk menjadikan istri. Memang hal ini berbeda dengan sebagian pria yang suka wanita dengan pakaian terbuka. Akan tetapi biasanya laki-laki model ini akan hanya mengukur wanita dari fisiknya saja dan itu berarti bahwa ketertarikan mereka akan hilang saat wanita yang didapatkannya tak terlihat cantik dan menarik lagi.

Jadi, hargailah diri kalian karena dengan begitu kami akan menghargai kalian. Tak perlulah saya berdebat dengan para wanita muslimah tentang alasan berjilbab dan apa dalilnya. Karena saya yakin itu bisa kalian temukan se-ambrek saat kalian search di google, yahoo, dan search engine lainnya.

Saya hanya ingin berbicara dari hati ke hati kepada siapapun yang di dalam hatinya masih terdapat keimanan agar memakai jilbab. Kami para lelaki muslim melihat bahwa jika engkau berjilbab engkau akan memancarkan keindahan yang tak bisa engkau pancarkan saat engkau tidak berjilbab. Saya menyebutnya sebagai kesejukan jilbab. Saya juga tak akan memaksa orang untuk memakai jilbab karena bagi saya berjilbab adalah pilihan akan keluhuran budi dan ketinggian nilai.

Sebagian dari wanita muslimah memang mengatakan tak siap untuk memakai jilbab karena bagi mereka berjilbab berarti harus menjalani kehidupan yang penuh peraturan. Bagi saya tidak demikian, wanita berjilbab tetap boleh melakukan aktifitasnya apapun itu selama itu baik menurut akal dan hati kita. Kita bisa clambing dengan memakai jilbab (gak ribet kok! Teman-teman saya banyak yang sudah membuktikannya), kita bisa melakukan perjalanan backpacker dengan memakai jilbab, kita bisa belajar dengan para lelaki dengan tetap memakai jilbab, kita bisa ke menara eiffel dengan memakai jilbab. memakai jilbab bukan berarti tak boleh melakukan kesalahan karena kita semua adalah manusia yang bisa salah. Tapi setidaknya dengan memakai jilbab kita sudah maju satu langkah dibanding mereka yang menggunjing orang yang berjilbab.

Saya selalu takjub pada setiap wanita muslimah yang bisa mempertahankan jilbabnya dan tetap bisa berbaur dengan yang memakai rok mini tanpa harus menghakiminya sebagai makhluk neraka. Menurut saya, seharusnya inilah wajah Islam yang kita tampakkan sehari-hari. Wallahu a’lam!

Komentar
  1. Indah berkata:

    ralat mas, enough. ga pake `T`. >> it’s enought!. ^^,

  2. Ihsan Maulana berkata:

    Indah, terima kasih buat ralatnya. Mungkin karena terlalu semangat saja, hehe

  3. Indah berkata:

    hehehehe. with my pleasure..
    ^^,

    numpang mampir ngomen lagi.. mumpung blogwalking..
    mampir blog saya juga yaaa.. *promosyong*

  4. Ihsan Maulana berkata:

    Ok, insyaallah saya akan mampir

  5. Ihsan Maulana berkata:

    Mohon maaf, Blog Indah belum bisa saya buka, entah kenapa. setiap saya coba masuk. saya langsung terhubung dengan admin wordpress.

  6. Indah berkata:

    oh iya ta??? gabisa dibuka???
    hmm, gatau ya.

    ato buka ja, lovescokelat.wordpress.com
    makasi.

Tinggalkan Balasan

