Harap dan Pasrah (Hope and Resignedly)

Posted: Juni 20, 2010 in Cangkruan, Motivasi, Renungan
Tag:,

Huff, setelah keliling-keliling, akhirnya saya menemukan warnet di Yogya. Ternyata di daerah kos anak-anak UIN Sunan Kalijaga jauh lebih banyak layanan laundry daripada warnet. Saya pun kesulitan mengakses internet karena tidak membawa laptop sedang hp masih hitam putih.

Saya sebenarnya tak yakin akan kedatangan saya ke Yogyakarta, kota yang selama 27 tahun hidup saya cuma saya dengar dari televisi, dari teman dan dari kota penerbit yang selalu saya baca di hampir tiap buku yang saya baca. Hingga tulisan ini ditulis, saya juga kadang tak percaya bahwa nama saya ada di deretan nama-nama orang yang jauh lebih tua dari saya dan jauh lebih berpengalaman.

Sebenarnya saya merasa tidak pantas bersaing dengan mereka atau paling tidak demikianlah saya merasa. Tapi sebagai insan yang dipasrahi amanah dan kepercayaan maka saya harus berbuat dengan seoptimal tenaga dan pikiran dan saya berharap bahwa keberadaan saya di Yogya adalah dalam rangka itu. Mungkin bahasa Gola Gong-nya adalah menjemput matahari atau dalam bahasa Andrea Hirata adalah menjalani mimpi. Apapun itu kenyataannya hari ini saya berada di sini dan jujur saya katakan saya datang tidak untuk pesimistis walaupun kemungkinannya berat tapi dengan idzin Allah yang rahman dan rahim tak ada yang tak mungkin. Yang perlu saya lakukan adalah berusaha seoptimal mungkin sambil terus berdoa dengan nama kasih dan sayang-Nya serta memohon doa kepada orang lain (meminta doa kepada orang lain dalam Islam dianjurkan).

Saya tak tahu apa yang akan terjadi esok, seperti tidak tahunya kakek saya yang berangkat melaut untuk menangkap ikan. Ia tak yakin apakah akan dapat ikan atau tidak dan apakah ikan yang didapatnya setara dengan ongkos solar yang ia keluarkan. Tapi setiap sekitar jam tiga dini hari ia tetap berangkat menjinjing jaring ikan menuju ke perahu dan mengajak beberapa orang untuk melaut bersama dirinya. Pagi harinya saat matahari masih waktu dhuha saya dan saudara sepupu saya, Romli dengan riang menyambut kakek yang mendapatkan ikan banyak (walau pernah juga hampir tak dapat apa-apa karena hadangan ombak yang besar yang tak bisa dilewati oleh perahu kecil milik kakek atau perahu yang bocor karena terbentur karang).

Aku tak tahu apakah misiku di Yogya ini akan berhasil atau tidak, tapi yang ku tahu adalah aku akan terus berusaha dengan segenap pikiran dan tenaga agar menjadi berhasil. Dan setelah ku kerjakan maka aku pun harus berpasrah kepada Allah, bertawakal kepada-Nya dalam harapan dan linangan do’a-do’a. Berpasrah berarti tak kecewa atas apapun hasilnya karena kita sudah meyerahkannya pada Allah, berpasrah berarti bersyukur atas apapun yang terjadi, berpasrah berarti menyukuri dengan penuh kekaguman dan rasa terima kasih kepada Allah, berbuat segala sesuatu yang membanggakan-Nya, terus berucap alhamdulillah, bersujud syukur, dan berbagi kebahagian dengan sesama saat apa yang kita inginkan berhasil.

Jadi, apapun hasilnya, aku yakin perjalananku tak akan pernah sia-sia. Saya akan menikmati perjalanan ini.Bismillahi tawakkaltu la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim!

Mohon do’anya dituliskan dalam komentar-komentar di bawah ini. Terima kasih banyak karena telah sudi membaca tulisan ini

Komentar
  1. Juwai berkata:

    Semoga Allah selalu melindungi Mas Ihsan. YAkinlah bahwa Allah selalu melihat dan mendengar apa yang diinginkan oleh Mas Ihsan

  2. Alay berkata:

    Yakin usaha sampai atuh kang

  3. Nurul Yakin berkata:

    Ah masak sih mas. di Jogja lebih banyak laundry daripada warnet?

    Gak salah t?
    tapi whatever, i hope the best 4 u

Tinggalkan Balasan

