Potensi Manusia (God Spot)

Posted: Oktober 4, 2012 in filsafat, pemikiran, pendidikan, Renungan, Uncategorized
Tag:, , ,

Dalam al-Qur’an surat al-Rum:30 disebutkan:
Maka hadapkanlah wajahmu dengan Lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui

Ayat ini berkata tentang fitrah Allah atas diri makhluknya berdasarkan fitrahnya sehingga seringkali juga kata fitrah juga di-idofah-kan pada manusia “fitrah manusia” atau naluri manusia. Sehingga pada dasarnya manusia akan selalu mencari being super di luar dirinya. Pencarian akan sesuatu yang supra selain dirinya ini adalah fihtrah dari setiap manusia. Banyak di antaranya kemudian berupa pemujaan terhadap alam semesta, ada juga yang berupa pemujaan terhadap benda-benda tertentu dan ada pula kemudian yang mengabstraksikan dalam sesuatu yang metafisik. Kecendurangan akan sesuatu yang supra ini kemudian oleh agama kemudian dikenal dengan istilah Tuhan.

Akan tetapi Tuhan tidak melulu bisa didekati dengan pola doktrinitas dan kebenaran agama. Setidaknya ada dua hal yang bisa menuntun manusia dalam pencariannya pada Tuhan:
Pertama, akalnya. manusia diberikan akal pikiran yang bisa menuntunnya pada kebenaran akan Tuhannya. Ibnu Tufayl, salah seorang filosof muslim kemudian menulis sebuah novel falsafi berjudul “Hayy bin Yaghdhan”. Ia mengetengahkan bagaimana kisah seorang anak manusia yang terdampar di sebuah pulau tanpa manusia dan hanya dihuni oleh hewan-hewan. Dan pada tingkat lanjut ia dapat berpikir tentang Tuhannya dan setelah ia bertemu dengan oleh seorang alim kitab suci, ia berdiskusi dengan seorang yang alim tersebut
Kedua, adalah pendidikan keagamaan (kitab suci). Ya, pendidikan menjadi penting karena umat manusia seringkali terjebak oleh prilaku lingkungan sekitar, mulai dari keluarga sampai masyarakat luas. Nah, untuk meluruskan ke arah yang benar ini kemudian perlu ada tuntunan. Tuntunan itu adalah agama itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s