Berusaha Bangga Jadi Indonesia

Posted: November 5, 2013 in Cangkruan, Motivasi, pemikiran, Renungan, Sosial Kemasyarakatan

3D-Indonesia-Flag-New-2013-HD-WallpaperSetelah terlibat perdebatan sengit dengan seorang teman Mesir yang Anti Mursi sehingga melihat sulitnya rekonsiliasi di Mesir dan melihat beberapa Negara di Afrika yang merangkak dari bawah. Saya bersyukur bahwa negeri Indonesia sudah berada dalam jalur yang tepat. Kesalahan sana sini jelas tentu ada tapi paling tidak Indonesia berada dalam jalur yang relatif lebih baik daripada Negara-negara tadi. Saya juga berdiskusi panjang dengan beberapa teman dari India. Satu hal yang saya kaget saat mereka berkata, “kami ini Negara besar. Sekarang posisi kami berada di bawah Cina dalam hal pertumbuhan ekonomi. Militer kami sangat kuat. Kami sebenarnya bisa saja menghancurkan Pakistan, jika kami mau. Dan Amerika mulai menyadari dan mewaspadai kekuatan kami” Pernyataan penuh percaya diri yang jarang saya lihat dari seorang Indonesia saat saya berada di negeri sendiri. Bukannya di Indonesia tak ada orang-orang macam ini. Tapi mungkin baru saya dapati dari seorang Indra Safri, pelatih Timnas Indonesia, sepekan sebelum pertandingan melawan Korea Selatan atau Mas Hendi, pemilik Kebab Turki Baba Rafi, dan sejumlah kecil masyarakat negeri ini. Tapi saat kau melihat televisi di Indonesia, yang seakan-akan nampak adalah masalah yang tak berkesudahan yang seakan-akan dibuat tak dapat dijawab oleh siapapun juga. Saya jadi ingat sehari yang lalu di Kanada ada perubahan waktu, sejak tanggal 01 Nopember kemarin, waktu berkurang satu jam, di sini hanya ada berita imbauan saja. Coba lihat bagaimana rencana pemerintah yang hendak menyamakan waktu di seluruh Indonesia. perdebatannya mengalir deras seakan-akan bahwa hal tersebut sebagai hal yang berat hingga pada satu titik rencana itu menguap tak tahu kemana. Saat sebagian orang asing berkata bahwa saya dari Malaysia dan mereka memuji-muji Malay, sebenarnya saya sedikit senang sekaligus tersinggung. Saya bilang bahwa saya orang Indonesia bukan Malaysia. Saya katakan bahwa kami punya keindahan alam yang tak ada duanya di dunia, memiliki iklim yang didambakan oleh Negara-negara di Eropa dan Amerika, memiliki lebih dari 17.000 pulau yang indah sehingga mejadikan kami negeri dengan pulau terbanyak di dunia, kami juga punya banyak program pengamanan sosial hingga pemberdayaan sosial. Saya bilang ke mereka bahwa sekolah di negeri kami gratis untuk semua kalangan dan perguruan tinggi gratis untuk yang tidak mampu (rodo mbojok titik). Tapi intinya, saya ingin berkata bahwa kami bangga jadi warga Indonesia!

Tinggalkan Balasan

