Hati Gelisah dan Tanda Kewalian

Posted: Maret 23, 2014 in Cangkruan, Motivasi, pemikiran
Tag:, ,

Jika tanda kewalian adalah ia tidak gelisah, maka aku bukan seorang wali. Karena aku selalu gelisah akan nasib negeri ini, aku gelisah akan kemiskinan struktural yang belum juga terurai, aku gelisah karena bangsa ini masih jauh dari kata bangsa kuat dan parahnya aku tak bisa berbuat apa-apa kecuali hanya setitik saja.

Jika tanda kewalian adalah tidak takut, maka ketahuilah aku takut. Aku takut akan amanah yang orang percayakan padaku, yang Allah berikan padaku, aku takut bahwa aku tak bisa bermanfaat pada orang lain, aku takut tak bisa berbakti pada guru-guruku, Aku takut.

Berpikir secara holistik seringkali sulit bahkan oleh mereka yang sebenarnya bisa melakukan itu. Ini seringkali tak disadari, karena banyak diantara kita memilih menjadi awam bukan khawwas. Semua orang tahu bahwa menjadi khawwas itu berat. Tapi bagaimanapun, hal ini harus diambil, karena jika tidak maka tak akan pernah ada yang mengambilnya.

Menjadi professional adalah salah satu pilihannya. Biarkan hukum yang berkata benar atau salah, biarkah hukum menindak apa dan bukan siapa. Karena aku yakin bahwa kebangkrutan suatu Negara itu bukan disebabkan perbedaan keyakinan di antara rakyatnya melainkan karena ketidak adilan para penguasanya.

Ya Allah, Dzat pemilik hati!  Kau tahu bahwa hamba Kau serahi amanah ini, maka mampukanlah aku untuk memikul amanah ini. Mudahkanlah. Tenangkanlah pada hati yang gelisah ini, tapi jujur wahai Allah, bagaimana mungkin aku bisa tenang sedang banyak persoalan manusia yang hinggap di mata dan pundakku. Entahlah, walau aku bukan wali-Mu wahai Allah, semoga ka uterus membimbingku dengan indah.Amin!

Komentar

Tinggalkan Balasan

