Citra dan Pembunuhan Citra

Posted: Mei 22, 2014 in Cangkruan, Renungan
Tag:, ,

Menghadapi pemilihan presiden 9 Juli 2014, beritaberita politik berseliweran setiap detik setiap hari. Tapi saying, kebanyakan berita politik tersebut cenderung menyerang lawan politik masing masing. Memang ada pendapat untuk memilih seseorang maka kita harus tahu kebaikan dan termasuk kejelekannya juga. Tapi seringkali, fakta tercampur dengan asumsi, berita tercampur dengan provokasi.

Contohlah misal berita tentang Jokowi sebagai antek asing hanya karena Jokowi bertemu dengan sejumlah duta besar Negara asing, Jokowi antek kafir hanya karena banyak kaum Kristiani banyak yang mendukungnya. Sehingga asumsi-asumsi yang bersifat fitnah itu bercampur membentuk opini yang tak sehat dan membunuh citra public seseorang.

Pembunuhan citra itu bertambah parah karena kemudian didasarkan pada tulisan-tulisan blog atau kompasiana yang bisa diakses dan ditulis oleh siapa saja tanpa terikat oleh adagium penulisan berita sehingga membuat hal tersebut menjadi sampah informasi.

Belum lagi jika informasi-informasi menyesatkan tersebut memang didapat dari web-web yang terkenal sebagai penyebar kebencian dan web-web yang tiba-tiba muncul bersamaan dengan momen lima tahunan tersebut.

Maka sebagai rakyat kita harus lebih selektif dalam memilah milih berita yang beredar di internet. Jangan sampai kemudian kita terhasut, terprovokasi sehingga melekatkan nama seseorang dengan kebencian yang muncul dari dalam hati kita. Wallahu a’lam

Iklan
Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s