Islam dan Tafsir bis Sains

Posted: Juni 21, 2015 in filsafat, pemikiran, Ramadhan, Renungan, Tafsir
Tag:, , , , ,

Seringkali sebagian umat Islam selalu mencari pembenaran wahyu (al-Qur’an) melalui sains. Hal ini baik, setidaknya semangatnya baik. Cuma bahayanya ada dua. Pertama, jika ada wahyu atau ayat al-Qur’an yang tak sama dengan sains maka wahyu bisa-bisa ditinggalkan oleh orang macam ini. kedua, jika ternyata ada kesesuaian antara ayat al-Qur’an dengan temuan sains lalu temuan sains tersebut terbantahkan oleh temuan sains termutakhir maka bisa jadi ayat al-Qur’an bisa disalahkannya atau sains yang ia salahkan secara membabi buta. Lalu sebenarnya , bagaimanakah seharusnya hubungan agama (Islam) dengan sains.

Sebelum membahas kedua hal tersebut, kita harus paham apa itu sains. Sains adalah fakta empiris yang diperoleh atau ditemukan oleh para peneliti atau ilmuwan. Sebagai ilmu eksak, maka bisa jadi temuan sains pada sebuah masa akan dibatalkan oleh temuan sains selanjutnya karena ditemukan fakta yang bertentangan dengan temuan yang pertama.

Agama (Islam) sendiri bersumber pada wahyu. Kebenarannya bersifat absolut yang harus dipercayai oleh semua umatnya tanpa terkecuali. Ayat al-Qur’an sebagai wahyu Tuhan dipercayai oleh umat Islam baik sesuai dengan fakta empiris ataupun yang belum terbukti secara empiris (saintifik). Dari itu, sains tidak bisa dianggap sebagai pembenar atas wahyu-wahyu ketuhanan karena hal tersebut salah dan bisa menimbulkan kemungkinan-kemungkinan di atas. Ia (sains)hanya bisa dipakai dalam batas interpretasi atas al-Qur’an itu sendiri atau yang biasa disebut dalam tradisi Islam sebagai tafsir. Sebagaimana layaknya tafsir yang lain, maka tafsir sains (tafsir ‘ilmi) bisa saja berubah berdasarkan ijtihad zaman yang berbeda. Wallahu ‘a’lam bis shawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s