Membaca Ultra-Kanan di Dunia

Posted: April 28, 2017 in Cangkruan, pemikiran, Sosial Kemasyarakatan
Tag:, , , , ,

Tulisan ini didasarkan pada kesedihan saya atas fenomena dunia saat ini. Setelah kita dikagetkan dengan kemenangan kelompok ultra-nasionalis di Inggris dengan Brexit-nya, kita kemudian disuguhi oleh kemenangan mengejutkan Trump. Presiden Amerika saat ini yang semasa kampanyenya selalu memgkampanyekan eksklusifisme bangsa Amerika dan ketidaksenangan dia terhadap Islam. Di penjuru dunia lainnya,  Australia misalnya terdapat senator yang memainkan anti Islam untuk menaikkan popularitasnya, demikian juga dalam pemilu Prancis saat ini dimana salah satu kandidat memainkan isu Frexit mengikuti jejak Inggris. 

Di sisi lain, di Indonesia misalnya, pilkada DKI adalah kontestasi dimana isu etnis dan keagamaan dimainkan begitu hebat. Dan dapat ditebak, kalangan ini menang.

Apa yang hendak ingin saya katakan, bahwa terjadi penguatan kembali sentimen yang didasarkan pada ras dan agama tertentu. Di Barat, Islam adalah agama yang jadi sorotan dan sasaran tembak dalam kampanye kampanye kandidat, sebaliknya di Timur seperti di Indonesia misalnya, anti-kristen juga dimainkan dalam dagangan politik lokal.

Dalam konteks Amerika, seseorang bisa ditolak masuk ke Amerika Serikat hanya karena ia punya nama tertentu dam berasal dari negara tertentu. Di Indonesia, seseorang bisa ditolak jadi pemimpin hanya karena ia beragama selain agama mayoritas.

Fenomena ini bagi saya tidak baik. Sikap Ultra-Kanan tersebut dapat menjadi evidence bagi kelompok lain yang kiga ekstrim kanan untuk menjustifikasi sikap mereka. Jika itu yang terjadi maka yang terjadi bukanlah dialogue of civilisation alias dialog peradaban tapi yang akan terjadi adalah the class of civilization Seperti ramalan Huntington. Tapi sebagai bagian dari masyarakat dunia yang menghendaki hidup damai dan berdampingan dengan semua umat manusia, tentu Saya tidak ingin ini terjadi. Wallahu a’lam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s