Tips Mengatasi Malas

Posted: Januari 6, 2018 in Cangkruan, Motivasi, pemikiran, pendidikan, Uncategorized
Tag:, , , ,

sleep-learningMalas, sifat ini mengasyikkan, melenakan, dan sering kali berbuah penyesalan di kemudian hari. Tapi tak ada satu orang pun yang tidak pernah mengalami rasa malas, semua dari kita pasti pernah mengalami perasaan ini. tatkala ini terjadi lalu apa yang bisa kita perbuat?

Malas itu sebenarnya adalah perpaduan antara rasa nyaman berdiam diri, masih ingin beristirahat dari segala kegiatan atau kegiatan tertentu, hingga karena merasa kurang memiliki motivasi untuk melakukan hal dimaksud. Tatkala hal ini menyerang lalu apa yang bisa kita perbuat? Untuk menjawab hal ini tentu kita harus menganalisis kenapa kita merasa malas. Ada dua faktor paling berpengaruh terhadap timbulnya rasa malas; fisik dan psikis.

Kita akan memulai dari faktor fisik terlebih dahulu, malas sering kali terjadi karena fisik kita kurang fit. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kita kurang tidur atau istirahat misalnya atau kurang vitamin. Tatkala tubuh tidak fit, maka secara otomatis menimbulkan rasa malas untuk beraktifitas karena ada sinyal pemberontakan dari tubuh untuk meminta hak istirahatnya. Jika memang hal ini yang terjadi maka sebaiknya kita tidak memaksakan diri untuk beraktifitas tapi beristirahatlah!. Doping stamina kepada tubuh tidaklah terlalu baik untuk dilakukan apalagi jika menjadi kebiasaan karena tubuh kita sebenarnya sudah mempunyai metabolismenya sendiri dan bekerja sesuai mekanismenya.

Faktor kedua adalah faktor psikis. Faktor psikis ini lebih bermuatan pada hilang atau kurangnya motif yang ada dalam diri kita untuk melakukan hal tersebut.  Untuk melihat motif ini kita bisa melihat dari dua aspek, pertama kenapa kita harus melakukan hal tersebut dan kedua buat apa kita melakukan hal tersebut.

Saya sendiri termasuk orang yang tiba-tiba punya halangan psikis ini untuk melakukan sesuatu, orang menyebutnya sebagai moody alias tergantung pada mood atau minat. Tiba-tiba suatu saat bersemangat dan tak jarang pula mengalami drop. Kalau demikian, ada beberapa hal yang saya lakukan dan mungkin ini dapat menjadi tips bagai para pembaca. Yang pertama, saya mencoba membuat jadwal apa yang harus saya lakukan atau apa yang harus saya selesaikan dalam rentan waktu tertentu. Dengan melakukan hal tersebut biasanya kita dapat memaksa menjaga psikis kita dengan awareness atau kesadaran bahwa hal tersebut harus kita kerjakan. Hal kedua yang sering saya lakukan adalah dengan mencatat target saya dan menempelkannya di dinding di depan atau di samping saya salat. Dengan demikian saya akan tahu bahwa itu lah yang akan kita tuju dalam jangka waktu tertentu.

Hal ketiga yang saya lakukan adalah saya mengerjakan pekerjaan saya tidak terlalu terpatok pada hal-hal yang tidak terlalu berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya harus pakai baju formal atau lain sebagainya. Dengan begini saya berharap bahwa saya dapat menikmati pekerjaan saya dan mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Hal keempat jika rasa malas atau bosan menghinggapi diri saya yaitu melakukan petualangan. Tidak harus ke gunung atau ke air terjun, ke mana saja bisa yang penting bisa membuat kita merasa refresh atau segar. Dengan begitu saat pulang, kita dapat mengerjakan pekerjaan kita dengan pikiran segar.

Hal yang terpenting dari itu semua sebenarnya adalah disiplin. Sering kali orang meleset dari target yang hendak ia capai karena ia tidak disiplin. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s