Tinjauan Ilmu Nahwu dalam Kasus julukan Riziq Sihab

Posted: Februari 19, 2018 in Cangkruan, pemikiran, pendidikan, Pitakonan, Sosial Kemasyarakatan, Tokoh
Tag:, , ,

Belakangan ini viral sambutan Habib Rizieq Syihab di pulau Madura yang tertulis:
أهلا و سهلا و مرحبا بقدومكم يا أسد الله و رسوله
Kalimat Ini menjadi pertentangan antara dua kubu masyarakat antara yang pro Rizieq Syihab dengan yang kontra. Yang pro menyatakan bahwa maksud kalimat tersebut adalah singa allah dan Singa RasulNya. Sedang yang kontra akan menyebutnya sebagai singa Allah dan RasulNya.
Lalu bagaimana ilmu nahwu memandang permasalahan tersebut. Bacaan lengkap أسد الله و رسوله adalah dengan melihat tanda baca pada akhir kalimat. Ilmu ini dalam fan ilmu nahwu disebut i’rab. Lalu bagaimana bacaan yang benar, maka kata rasul kedudukannya harus sama dengan kata Allah. Dalam kalimat ucapan selamat datang tersebut adalah, jika dibaca asadullahi warasuluhu maka artinya adalah singa Allah dan Rasul Allah. Mafhumnya adalah habib Riziq itu adalah singa Allah dan Menjadi Rasul Allah. Dan jelas jika pengertiannya seperti ini maka dalam agama Islam dihukumi sesat. Sama dengan mereka yang menyatakan ada Nabi dan Rasul baru setelah Nabi Muhammad saw. Tapi jika dibaca asadullahi wa rasulihi maka kedudukan kata rasul adalah di-jar-kan dengan kasrah karena kedudukannya sama dengan kata Allah yang juga majrur karena menjadi mudhaf ilayhi dari kata asad. Jika dibaca demikian maka maksud kalimat tersebut adalah singa Allah dan Singa rasul-Nya.
Akan tetapi sayang, memang banyak yang tidak paham ilmu nahwu seperti di screenshot instagram seorang simpatisan habib Riziq yang menyebut sang habib sebagai asadullah wa rasuluh, yang artinya adalah singa Allah dan (menjadi) rasul Allah.
Saya tidak akan mem-bully dan juga tidak mendukung. Saya hanya ingin mendudukkan duduk perkaranya saja. Saran saya kepada para pembuat banner sang habib, baiknya belajar ilmu nahwu dulu sebelum membuat atau minimal bertanyalah kepada mereka yang paham. Wallahu a’lam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s