Arsip untuk Maret 30, 2018


Makam Pengarang Safina

Sejak lama saya ingin sekali pergi ke makam Syaikh Salim bin Abdullah bin Sa’ad bin Abdullah bin Sumair al-Hadromi, al-Batawi, seorang yang saya kenal namanya sejak saya masuk tsanawiyah di pesantren. Saya mengenalnya melalui kitab karangannya berjudul Safinatun Najah. Sebuah kitab kuning yang dipelajari hampir di semua pesantren di Indonesia, Malaysia, dan Thailand Selatan. Di pesantren saya sendiri, kitab ini adalah kitab wajib yang harus dipelajari oleh santri pemula. Saya mengaji kitab ini selama 3 (tiga) tahun selepas salat dhuhur di musallah pesantren. (lebih…)


Setelah era Inul Daratista dan Uut Permatasari membentuk gelombang pertama musik dangdut pasca reformasi yang menasional, sekarang kita disuguhkan pada era gelombang kedua musik dangdut Jawa Timur. Jika dahulu ada Inul Daratista dan Uut maka sekarang ada Via Vallen dan Nella Karisma. (lebih…)